Jumat, 11 Februari 2011

Peran Bidan Pada Permasalahan Wanita di Tempat Kerja


Permasalahan Wanita Di Tempat Kerja 
Pelecehan Wanita Di Tempar Kerja

Kelompok 1
Dwi luluk
Irma mayang sari
Suci miftahul
Pontiania Monterado
Siti Masyarah
Wiwi dewi lestari

AKADEMI KEBIDANAN BUDI KEMULIAAN
DEFINISI PERMASALAHAN WANITA
Permasalahan wanita ialah permasalahan permasalahan yang dihadapai oleh wanita, sehingga seorang wanita menghadapai kesulitan dalam kehidupannya.
Permasalahan ini bisa berupa kesehatan, keuangan ,keluarga.di tempat kerja Dan dilingkungan sekitarnya
Masalah wanita adalah juga bagian yang tak terpisah, dari doktrin agama, para feminis kontemporer melihat problem wanita lebih dari perspektif sosial budaya: wanita sebagai objek diskriminasi gender yang dibentuk oleh masyarakat dan tradisi.kata feminis pertama asal Arab.
Permasalahan wanita di tempat kerja
Berbagai kecenderungan wanita selama beberapa tahun terakhir ini ditandai makin meningkatnya angka partisipasi angkatan kerja wanita didominasi oleh mereka yang relatif muda.
Partisipasi angkatan kerja wanita sebagian disebabkan oleh bertambahnya kemiskinan dan merebaknya pengangguran yang mengharuskan mereka mencari pekerjaan sekalipun dengan imbalan yang sangat rendah.
  Ketika perempuan masuk dunia kerja, sering mendapat pekerjaan yang paling susah di pabrik atau kantor, dengan upah yang paling rendah, sekaligus terus dibebani dengan kebanyakan tugas  rumah tangga mengurus suami,anak dan keluarga.tentunya tuntutan wanita pekerja lebih banyak.dia harus bekerja mencari uang untuk meringankan beban suami dan wanita itu pun dituntut untuk mengurus anak dan menjalani kodratnya sebagai wanita.
  Tidak jarang pekerja wanita sering mendapat pelecehan sexsual dalam tempat kerja yang biasanya dilakukan oleh mandor atau atasan mereka.
  Seringkali pada waktu wanita sedang kerja lembur atau masuk malam
  Sehingga para pekerja wanita cemas dan takut setiap menjalani pekerjaan, tapi mereka juga takut untuk mengungkapakan apa yang mereka rasakan.
  Pelecehan sexsual sering terjadi dikarenakan wanita lemah dan tidak berani untuk melawan,

Pelecehan sexsual wanita di tempat kerja
  Pelecehan seksual adalah fenomena yang banyak terjadi namun terendap dipermukaan. Termasuk dalam dunia kerja di Indonesia saat ini. Dimana sebagian besar tenaga kerja diberbagai perusahaaan dan instansi pemerintah adalah perempuan yang kerap menjadi korban pelecehan seksual memang lebih banyak terjadi pada perempuan. Mereka umumnya mengalami dua kali posisi tawar yang lemah. Karena jenis kelamin sebagai perempuan dan karena jabatan sebagai bawahan atau buruh mpuan yang kerap menjadi korban pelecehan seksual.
  pelecehan seksual dalam berbagai bentuknya. Mulai dari disiuli dijalan, mengomentari dengan konotasi seksual, menceritakan lelucon konyol kepada seseorang yang dirasakan sebagai perendahan martabat, memperlihatkan gambar tidak senonoh, memeluk dan mencium serta melakukan gerakan-gerakan ajakan hubungan seksual yang tanpa persetujuan orang yang dimaksud.
  Pelecehan seksual ini membawa dampak yang berat bagi perempuan. Timbulnya stress dan ketegangan diri karena merasa terganggu, namun tidak berdaya untuk mengatasi gangguan tersebut. Juga muncul kesulitan emosional karena menahan rasa marah dan takut (sindrom pelecehan seksual).

Peran bidan di dalam permasalahan wanita
  pertama, mengkaji dan mempelajari persoalan pelecehan seksual sebagai persoalan yang selama ini lekat menjadi masalah bagi perempuan.
  Kedua, membantu wanita mengambil inisiatif untuk membuat aturan atau kebijakan tentang pelecehan seksual termasuk sanksi bagi pelaku dan jaminan keamanan tempat kerja.
  Ketiga, mengajukan tempat aduan bagi korban pelecehan seksual.
   Keempat, melakukan usaha pencegahan melalui pelatihan dan pemberian informasi kepada wanita pekerja.
Permasalahan yang dihadapi oleh kaum perempuan hal ini disebabkan karena adanya kaitan yg erat antara perbedaan gender ( gender differens ) dengan ketidak adilan gender ( gender inequalitas) dengan struktur ketidak  adilan masyarakat secara lebih luas.dengan demikian pemahaman dan pembedaan yg jelasan antara konsep seks dan gender sangatlah diperlukan dalam membahas ketidakadilan social.maka sesungguhnya terjadi keterkaitan antara persoalan gender dengan persoalan ketidakadilan social lainnya.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar